Pulau Setan, Provinsi Sumbar. Foto dokumentasi PERSNEWS.Info

PERSNEWS.INFO, DAERAH Provinsi Sumbar. Di Indonesia ada sebuah Pulau yang bernama Pulau Setan. Nama dari Pulau ini bukanlah sesuatu yang dibuat-buat atau iseng biar terpopuler, dan sebagainya, namun nama pulau ini muncul dengan alami masyarakat apa adanya. Nama Pulau Setan (Inggris, The Demon Island), sebuah nama pulau yang bukan mengartikan bahwa di pulau ini asal-usul setan, atau tempat yang menyeramkan atau angker. Memang jika dari nama pulau ini akan mengartikan atau berpikir aneh dan merasa janggal bagi siapapun yang mendengarnya, namun semua itu akan bertolak belakang dengan keindahan yang dimiliki pulau ini.

Menurut cerita kebanyakan masyarakat atau pemandu (Guide) awalnya pulau itu bernama Pulau Sultan, namun karena masyarakat setempat melafalkan jadi pergeseran sehingga Pulau Sultan menjadi Pulau Setan. Pulau Setan, yang terletak di sebelah barat sungai pisang dan di sebelah timur pulau Pasumpahan yang termasuk dalam kawasan objek wisata Mandeh, Kecamatan koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Indonesia. Sebuah Pulau yang indah dari ribuan pulau yang dimiliki Indonesia ini, yang menjadi salah satu jadi tempat destinasi wisata liburan.

Soal ketenaran, Pulau Setan memang tidak tenar seperti wisata di bali atau raja ampat, namun biaya yang masih terjangkau oleh wisatawan lokal dapat terbayarkan dengan kenikmatan suasana disana. Dengan alam laut yang memiliki biru laut yang bersih masih tampak alamiah, suasana hening dengan hamparan pasir pantai di sekelilingnya. Merasakan langsung birunya laut dan putihnya pasir dengan suara debur ombak yang kecil yang menenangkan, menjadikan tempat layak untuk refreshing. Jika membawa anak-anak untuk berenang akan aman karena pinggiran pantainya yang dangkal.

Tampak Pata Lokasi Pulau Setan. Foto layar dari google map

Di sekitaran lokasi ada warung masyarakat yang menyuguhkan aneka makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau, begitu juga dengan menyewa tikar dengan harga Rp 5 ribu/tikar. Selain itu sekarang ini di Pulau setan juga telah tersedia aksi wahana “banana boat” dan “donat boat” dengan tarif Rp 25.000,- hingga Rp 30.000/sekali aktrasi. Atau ingin mengelilingi Pulau-Pulau lainnya yang ada di sekitaran Pulau Setan, ada Perahu/boat yang siap untuk berkeliling dengan tarif sekitar Rp.500.000.- sampai dengan Rp 750.000.- (tergantung banyaknya wilayah yang ingin dikunjungi).

Untuk mencapai tempat destinasi wisata ini, bisa melalui jalur laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Carocok, Tarusan, menggunakan perahu dengan biaya/ongkos sekitar Rp.20.000.- untuk perjalanan pulang dan pergi. Jika dari Padang ingin sampai ke Pulau Setan ini, langsung ke Pantai Cerocok Tarusan, jarak tempuh sekitaran 1,5 jum perjalanan. Jika sudah sampai di Pantai Cerocok Tarusan.

Ayo, sebagai Orang Indonesia akan rugi jika tidak mengunjungi destinasi wisata yang ada di Indonesia ini. Cintai Indonesia.

(Redaksi)

 110 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan